Peringati Hari Perlindungan Ozon Sedunia, RAPI RIDERS Tanam Mangrove Di Pantai Pesisir Gending


Probolinggo (RAPI) Radio Antar Penduduk Indonesia sebuah organisasi sosial nirlaba di Indonesia yang beranggotakan pengguna perangkat radio komunikasi. Sesuai dengan namanya, anggota RAPI menggunakan perangkat radionya untuk berkomunikasi dengan sesama anggota masyarakat lainnya. Namun organisasi ini tidak hanya terfokus pada bidang komonikasi, namun terbagi sesuai bidangnya ada yang bergerak sebagai rider, reaksi cepat (resque) hingga bantuan sosial.
Terkadang kesemuanya tergabung dalam satu kegiatan seperti yang dilakukan RAPI Probolinggo minggu, 16 September 2018. Bersama RAPI Ridersnya melaksanakan Bakti Sosial “Penanaman Pohon Mangrove”  yang diselenggarakan oleh Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Probolinggo. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pantai Pesisir Gending dalam rangka memperingati Hari Perlindungan Ozon Sedunia.
Hal ini sesuai dengan ketetapan yang dibuat Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa sedunia pada tanggal 19 Desember 1994, bahwa tanggal 16 September setiap tahunnya ditetapkan sebagai Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia untuk memperingati tanggal ketika berbagai negara menandatangani Protokol Montreal tentang zat yang merusak lapisan ozon.
Ozon merdpukan lapisan atmosfer yang terdapat pada ketinggian 19 48 meter di atas permukaan Bumi. Ozon merupakan suatu gas yang terdapat di atmosfer yang terjadi secara alami. Keberadaan lapisan ozon berfungsi untuk melindungi Bumi dari berbagai gangguan dari Iuar angkasa.
Lapisan ozon sangat penting untuk melindungi bumi yang kita tinggali ini. Tanpa lapisan ozon sinar ultraviolet matahari yang berbahaya dapat langsung mencapai bumi. Sinar UV 'Ini sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup di Bumi. Sinar UV yang dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan kanker, merusak sistem imun tubuh, dan merusak sel-sel hidup pada manusia dan hewan. Selain itu lapisan ozon juga berfungsi untuk menjaga suhu bumi agar tetap stabil.
Lapisan ozon sebagai pelindung bumi ini teranca m mengalami penipisan yang mengakibatkan kerusakan. Hal-hal yang merusak lapisan ozon tersebut sebagian besar dikarenakan ulah manusia sendiri.
RAPI Probolinggo mengirimkan anggotanya sebanyak 22 orang, diantaranya JZ13 RIA, JZ13 HWQ, JZ13 WPI, JZ13WPW, JZ13WPZ, JZ13WPM, JZ13YGO, JZ13WPP, JZ13RIL, JZ13WPC, JZ13 VKA, JZ13YGP, JZ13WPW, JZ13WPD, JZ13OVR, JZ13BMP, JZ13TGQ, ditambah lima orang Simpatisan; Sumpek, Giyanto, Elpandi, Hafidz, Alba serta beberapa orang pengurus yagng dikoordinatori JZ 13 WPI (Nizam). Sebelum menuju lokasi penanaman pohon mangrove mereka berkumpul di 10.85 JZ13WPZ (Mas Sandy) Perum Pajarakan Land lengkap dengan seragam organisasinya. (Aan).

Posting Komentar

0 Komentar