Berkah Ramadan, Dua Hari Probolinggo bersama Dai`dan Qori Universitas Al Azhar

Kota Probolinggo (Kemenag) Merujuk arahan GusMen Yaqut Cholil Qoumas, pada bulan Ramadan 1445 H ini BKM melakukan revitalisasi program berupa Safari Ramadan bersama Imam dan Penceramah dari Al-Azhar Al-Syarif Kairo Mesir di 7 provinsi yang salah satunya Provinsi Jawa Timur sebagaimana tertera dalam surat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI Nomor : B-314/DJ.III/BA.03.1/03/2024 tanggal 15 Maret 2024. Senin, (25/3/2024).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi program BKM, Ditjen Bimas Islam, dan Majelis Hukama Muslimin Cabang Indonesia ini untuk mengenalkan Revitalisasi BKM, Pembinaan Umat, Penguatan Moderasi Beragama serta Syiar Ramadan 1445 H.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Kota Probolinggo Ahmad Zaini mengajak ASN Kementerian Agama turut mensupport meriahnya kegiatan Safari Ramadan bersama Dai` dan Qori dari Universitas Al Azhar *Syeikh Muhammad Sayyid Sulaiman Abdul Qadir* dan *Syeikh Syarif Abdul Waris Mahmud Ali* untuk melakukan dakwah di sejumlah Masjid di Indonesia termasuk di Kota Probolinggo yang diinisiasi Badan Kesehjateraan Masjid (BKM) Provinsi Jawa Timur, dan kedua dai tersebut akan berada di jawa timur selama 10 hari, tandasnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasubbag TU Ahmad Zaini, Kasi Bimas Islam Arifin Budianto, serta ASN Kemenag lainnay bersama pengurus BKM Provinsi Jatim, pengurus BKM kota Probolinggo, serta para jemaah masjid Agung Ar Raudlah.

Arifin mengatakan Syiar Ramadhan 1445 H ini menjadi salah satu momen bagi BKM untuk memperkenalkan lembaganya dan aktivitas yang menjadi bukti nyata akan keberadaan BKM.

Mengingat tugas BKM untuk memakmurkan masjid melewati dakwah, kehadiran Syeikh Muhammad Sayyid Sulaiman Abdul Qadir dan Syeikh Syarif Abdul Waris Mahmud Ali di Probolinggo diharapkan  memberikan kontribusi dalam meningkatkan wawasan keagamaan umat sekaligus menguatkan ikatan persaudaraan dan koeksistensi sesama manusia.

Selanjutnya Arifin berharap semua pengurus BKM bisa hadir dan aktif diaktivitas Syiar Ramadhan di daerah masing-masing. “BKM harus hadir di masjid/ musholla untuk mengisi kultum, imam shalat Tarawih dan atau khutbah Jum’at dengan membawa pesan-pesan persaudaraan dan kerukunan/ perdamaian,” harapnya.

Manfaatkan dan ikuti dengan seksama kegiatan tarowih, tausiyah/daerah kitab Bersama Syeikh Muhammad Sayyid Sulaiman Abdul Qadir (Qari-Da`i) dan Syeikh Syarif Abdul Waris Mahmud Ali (Qari-Da’i) selama dua hari di sini; Senin, 25 Maret 2024, Tarawih dan Ceramah Agama bertempat di Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Probolinggo, Pukul 18.30 WIB (waktu habis isyak) dan Selasa, 26 Maret 2024, Shalat Dhuhur, Dauroh Kitab - PP Raudlatut Tholibin Pukul 10.00 WIB, tutupnya. (Rief).

Editor : Ansori

Posting Komentar

0 Komentar