Dari Puasa, Belajar Untuk Memanusiakan Manusia

 


Kota Probolinggo (Kemenag) Penyelenggara Zakat Wakaf saat mengisi giat kultum Ramadan 1445 H. mengajak audien yang terdiri dari jajaran pejabat dan ASN Kementerian Agama kota Probolinggo untuk memanfaatkan momentum Ramadan untuk lebih mawas diri, di mana endingnya terwujudnya Insan Paripurna beriman taqwa. selasa, (26/03/2024).

Mantan Penyuluh Agama Islam Fungsional Madya Kabupaten Probolinggo mengurai materi kultum sejak awal oleh Kepala Kankemenag Bapak H. Fausi terkait 5 pilar islam. Pimpinan minta 5 pilar islam dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata dan manfaatkan Ramadan untuk meningkatkan keimanan.

Kajian Ramadan (Kamis, 14/3) oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Ahmad Zaini dalam simpulannya; Kecantikan fisik harus diimbangi dengan cantiknya bstiniyah ruhiyah, sebagaimana diperankan dalam haliyah oleh Istri Rasulullah Saw Sayyidah Hodijah. Selain itu keikhkasan modal awal kecukupan yang Allah janjikan bagi seorang yang berpuasa. Untuk itu perbanyak doa kepada Allah dengan memanfaatkan momentum Ramadan, terangnya kala itu.

Masih dalam suasana berkabung “Munajat Do’a Untuk Almarhum Bpk. H. Fausi (Kakankemenag Kota Probolinggo)” Kasi Bimas ulas Hikmah penting Ramadan, senin, 18/3). Sementara Kasi PendMa Muhammad Zainullah, Melalui sebuah kisah, Ajak Audiens Perkuat Keyakinan maunah Allah SWT, (selasa, 19/3).

Kasi PHU Muhammad Haris Hikmawan “Ramadhan, Dengannya Manusia Akan Terselamatkan” (Kamis, 21/3). Hal berbeda disampaikan oleh Kasi PD Pontren (Selasa,25/3) yaitu Penting bagi kita memahami Sejarah Islam dan Cikalbakal masuknya ke Nusantara.

Dari bahasan penting di atas Penyelenggara Zawa menyimpulkan; Puasa ciptakan kesamaan karakter, puasa harus mendamaikan bagi kemanusiaan dalam bermasyarakat dan puasa lahirkan persatuan. Puasa harusnya membawa rahmat Semesta, puasa bukan sekedar menahan haus dan lapar, tetapi puasa melatih diri untuk memanusiakan manusia dan puasa penyempurna komunikasi seorang hamba (makhluk) dengan Tuhannya, tutupnya. (red)

Posting Komentar

0 Komentar